Jumat, 27 Desember 2013

IPA Kelas 4

Struktur Akar Tumbuhan dan Fungsinya

Ke arah manakah akar tumbuh? Akar tumbuh ke arah pusat bumi.
Akar umumnya tumbuh ke dalam tanah. Akar dibedakan menjadi beberapa bagian, di antaranya rambut akar (bulu akar) dan tudung akar. Rambut akar merupakan jalan masuk air dan zat hara dari tanah ke dalam tubuh-tumbuhan. Tudung akar berfungsi melindungi akar saat menembus tanah. Berdasarkan jenisnya, akar tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu akar serabut dan akar tunggang.

1. Akar Serabut
Akar serabut memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Berbentuk seperti serabut.
b. Bagian ujung dan pangkal berukuran hampir sama besar.
c. Semua bagian akar keluar dari pangkal batang.
Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan biji berkeping satu (monokotil), misalnya rumput, padi, jagung, tebu, kelapa, dan tumbuhan yang dicangkok.

2. Akar Tunggang
Akar tunggang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Memiliki akar pokok.
b. Akar pokok bercabang-cabang menjadi bagian akar yang kecil.
c. Perbedaan akar pokok dan akar cabang sangat nyata.
Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan biji berkeping dua (dikotil), misalnya mangga, jeruk, rambutan, dan kacang-kacangan. Selain kedua akar di atas, terdapat beberapa akar khusus yang hanya dimiliki oleh tumbuhan tertentu.

1. Akar Gantung
Akar ini tumbuh dari bagian batang tumbuhan di atas tanah. Akar ini menggantung dan tumbuh ke arah tanah. Tumbuhan yang mempunyai akar gantung, misalnya pohon beringin.

2. Akar Tunjang
Akar ini tumbuh dari bagian bawah akar ke segala arah. Akar tersebut seakan-akan menunjang batang agar tidak rebah. Tumbuhan yang memiliki akar tunjang, misalnya pohon bakau dan pandan.


3. Akar Napas
Akar napas tumbuh tegak lurus ke atas, sehingga muncul dari permukaan tanah atau air. Akar napas ada yang dimiliki tumbuhan darat (tumbuh di darat) dan ada yang dimiliki tumbuhan air. Akar napas merupakan cabang-cabang akar. Akar napas memiliki banyak celah untuk jalan masuk udara, misalnya akar pohon kayu api.

4. Akar Pelekat
Akar ini tumbuh di sepanjang batang. Akar tersebut berguna untuk menempel pada kayu, tumbuhan lain, atau tembok. Akar pelekat dimiliki tumbuhan yang memanjat, misalnya akar tumbuhan lada dan sirih. Pada dasarnya, akar bagi tumbuhan mempunyai kegunaan sebagai berikut.
a.    Akar menunjang berdirinya tumbuhan.
b.    Akar menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah.
c.     Akar dapat menyimpan cadangan makanan, seperti pada wortel dan singkong.
d.    Akar digunakan untuk bernapas, misalnya akar napas pada pohon kayu api.
e.    Bagi manusia, akar bermanfaat sebagai sumber makanan (ubi kayu, wortel); bahan obat-obatan (jahe, kunyit); dan bumbu masakan (kunyit, laos).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar