Rabu, 25 Desember 2013

IPA Kelas III

KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka makhluk hidup memerlukan pemenuhan kebutuhan. Misalnya, hewan memerlukan makanan, air, udara, serta tempat tinggal. Tumbuhan memerlukan udara, air, sinar matahari, serta zat-zat mineral, dan sebagainya.
1.       Hal-hal yang Dibutuhkan Hewan
Masing-masing hewan hidup di tempat yang berbeda-beda. hewan yang hidup di darat, tempat tinggal dan tempat mencari makanannya di darat. Misalnya, kuda, zebra, kambing, kerbau, ayam, sapi, tikus, kelinci, dan kucing.
Hewan yang hidup di air, tempat tinggal dan tempat mencari makanannya di air. Misalnya, udang, ikan paus, ikan tuna, dan ikan bandeng. Sementara itu, hewan yang hidup di darat dan di air, tempat tinggal dan tempat mencari makanannya  dapat di air dan di darat. Misalnya, katak, kura-kura, dan buaya.
Hewan juga memerlukan udara, sinar matahari, dan air. Air sangat penting bagi seluruh makhluk hidup di dunia. Hewan membutuhkan air untuk diminum dan kebutuhan lainnya. Udara digunakan untuk bernapas, sedangkan sinar matahari digunakan sebagai sumber energy atau tenaga.
2.       Hal-hal yang Dibituhkan Tumbuhan
Udara, air, sinar matahari, dan zat-zat hara sangat penting bagi tumbuhan. Udara yang mengandung karbondioksida diserap oleh tumbuhan melalui daun pada saat siang hari. Air yang mengandung zat-zat hara diambil dari dalam tanah oleh akar.
Di dalam daun, karbondioksida dan air dengan bantuan sinar matahari akan diubah menjadi makanan melalui proses fotosintesis. Makanan tersebut dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk tumbuh atau disimpan sebagai makanan cadangan. Misalnya, menjadi buah pada tumbuhan mangga atau umbi pada tumbuhan singkong.
Pupuk bagi tumbuhan juga berfungsi sebagai sumber zat-zat hara. Agar tanah tetap kaya dengan zat hara, maka tanah perlu dipupuk.

sumber : Priyono dan Titik Sayekti.2008.Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta: Pusat Perbukuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar