Rabu, 18 Desember 2013

RANGKA MANUSIA



ini adalah materi yang kelompok kami ambil ketika diskusi pembuatan powerpoint.

MATERI IPA SEMESTER 1

BAB 1
RANGKA MANUSIA
1.      Bagian – bagian rangka
Rangka manusia terdiri atas tiga bagian yaitu :
a.       Rangka kepala /tengkorak
b.      Rangka badan
c.       Rangka Anggota gerak
Rangka kepala terdiri atas tulang-tulangtengkorak wajah dan tulang pelindung otak. Tulang-tulang tengkorak wajah terdiri atas 2 tulang hidung, 2 tulang pipi, 2 tulang rahangatas dan tulang rahang bawah, 2 tulang air mata,tulang langit-langit, tulang pisau luku, dan1 tulang lidah
Tulang pelindung otak meliputi 1 tulang dahi, 1 tulang belakang kepala, 2 tulangpelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan2 tulang tapis.
Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada,tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.Tulang belakang terdiriatas
7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang,5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.
Tulang rusuk terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulangrusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.
Tulang dada terdiriatas tiga bagian, yaitu tangkai atau hulu, badan, dan taju pedang. Tulangdada merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Tulangrusuk dan tulang dada membentuk rongga dada. Di atas rongga dada terdapat rangka bahu. Rangka bahu dibentukoleh tulang gelang bahu. Tulang gelang bahu tersusun dari sepasangtulang belikat dan sepasang tulang selangka.Pada badan bagian bawah terdapat rangka panggul. Rangkapanggul dibentuk oleh tulang gelang panggul. Tulang gelang pangguldibentuk oleh 2 tulang usus, 2 tulang duduk, dan 2 tulang kemaluan.
Rangka anggota gerak Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas(tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).
Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan), yaitu:
tulang lengan atas, tulanghasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, dan tulang telapaktangan, tulang ruas-ruas jari.
Tulang-tulang anggota gerak bawah(tungkai), yaitu:
tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulangtempurung lutut, tulang telapak kaki, tulang pergelangan kaki, dantulang ruas-ruas jari.

2.      SENDI
Hubungan antara tulang-tulang manusia disebut sendi.
Contoh beberapa sendi yangterdapat pada tubuh manusia adalah sebagai berikut.
a.Sendi engsel,
b.Sendi peluru
c.Sendi pelana,
d.Sendi geser,
e.Sendi putar,
Sendi engsel, adalah sendi yang hanya dapatdigerakkan ke satu arah seperti engsel jendelaatau pintu.
Contoh sendi engsel adalah sendi pada siku yang menghubungkan tulanglengan atas dan lenggan bawah, sendi padalutut yang menghubungkan tulang paha dantulang kaki bawah
sendi pada ruas jaritangan dan ruas jari kaki. sendi peluru, adalah sendi yang memung-kinkan gerakan ke semua arah.
Contohnya,
sendi pada ruas tulangleher yang paling atas,
sendi pada bahu yangmenghubungkan tulang lengan atas dengantulang gelang bahu,
sendi pada panggulyang menghubungkan tulang paha dantulang gelang panggul. Sendi pelana, adalah sendi yang bergerak kedua arah, yaitu ke samping dan ke depan.
Contohnya
sendi antara tulang telapaktangan dan pangkal ibu jari.
Sendi geser, adalah persendian tempat ujungtulang yang satu menggeser ujung tulangyang lain.
Sendi geser dijumpai padatulang hasta dan tulang pengumpil.
Sendi putar, adalah persendian tempat tulangyang satu berputar mengelilingi tulang lainnyayang bertindak sebagai poros. Sendi putarterdapat pada hubungan antara tulang atlas(tulang leher yang pertama) dan tulangtengkorak.
3.      FUNGSI RANGKA
Fungsi rangka bagimakhluk hidup, antara lain,
menguatkandan menegakkan tubuh, menentukan bentuktubuh, tempat melekatnya otot, melin-dungi bagian-bagian tubuh yang pentingdan halus.
MEMELIHARA KESEHATAN RANGKA
Cara memelihara kesehatan rangka /, Untuk dapatmemelihara kesehatan rangka,yang harus kita lakukan antara lain :
rajin berolahraga, mempelajaripenyebab beberapa jenis penyakit tulang, mengetahui sikap tubuhyang benar dan salah dalam kehidupansehari-hari. Kandungan gizi dalam makanan yang kita makan.

Beberapagangguan pada tulang belakang adalah sebagai berikut.
a.Skoliosis,
b.Kifosis
c.Lordosis,
Skoliosis, yaitu tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan.Penyebabnya adalah sering membawa beban yang terlalu berat padasalah satu sisi anggota gerak atau pada bahu.
Kifosis, yaitu tulang belakang membengkok ke belakang. Penyebabnyaadalah kebiasaan duduk membungkuk atau sering membawa bebanyang terlalu berat di punggung.
Lordosis, yaitu tulang belakang membengkok ke depan. Penyebabnyamungkin karena terjatuh saat masih kecil atau duduk terlalu condongke depan.
Untuk menghindari akibat buruk dari sikap tubuh yang salah, makakamu harus membiasakan sikap tubuh yang benar. Misalnya,
punggungselalu dalam posisi tegak ketika duduk, berdiri, atau ketika mengangkatbeban. Tekuklah lutut jangan menekuk punggung. Saat membawa beban,seimbangkan antara beban sebelah kiri dan kanan.
Gangguan atau penyakit yang dapat menyerang tulang,antara lain
polio, rakitis, osteoporosis, rematik.
a.Polio
Penderita polio akan mengalami kelum-puhan sehingga lama-kelamaan tulangnyaakan mengecil. Penyakit polio dapat dicegahdengan pemberian vaksin polio. Pemberianvaksin biasanya dilakukan melalui mulut padasaat anak berusia di bawah lima tahun.
b.Rakitis
Rakitis merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan terham-batnya pertumbuhan tulang. Penyakit ini timbul karena penderitakekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi. Orang yang menderitapenyakit rakitis memiliki tulang kaki yang lemah dan biasanyaberbentuk X atau O karena tidak dapat menahan berat tubuh.


c.Osteoporosis
Osteoporosis atau tulang keropos meru-pakan penyakit yang menyebabkan tulangmudah retak atau patah. Penyakit inibiasanya menyerang orang lanjut usia,terutama perempuan. Penyebab osteoporosisadalah tubuh kekurangan zat kapur (kal-sium). Untuk mencegak osteoporosis, kamuperlu mengonsumsi makanan yang banyakmengandung vitamin D dan kalsium sepertiikan dan susu.
d.Rematik
Rematik merupakan penyakit yangmenyebabkan rasa nyeri pada persendian.Persendian yang biasa terkena adalahpersendian kaki, tangan, dan siku. Rasa nyerikadang disertai pembengkakan sendi. Jikatidak segera diobati, penyakit ini dapatmengakibatkan komplikasi yang berbahaya,misalnya jantung. Komplikasi merupakanpenyakit yang timbul kemudian karenapenyakit yang ada tidak diobati.
3.Makanan Bergizi dan Olahraga
Pertumbuhan tulang pada anak-anak dipengaruhi oleh factor dalam dan factor luar.
faktor dalam seperti makanan, vitamin,dan mineral.
faktor luar yang turut berpengaruhterhadap pertumbuhan tulang. Misal-nya, sinar matahari, beban yang seringdiangkat, dan benturan.
Makanan yang dibutuhkan untukmenjaga kesehatan tulang adalah makanan yang banyak mengandungvitamin D, kalsium, dan fosfor. VitaminD banyak terdapat pada ikan, susu, dankuning telur. Kalsium banyak terdapatpada susu, kacang-kacangan, ikan, dan buah-buahan.
Fosfor banyakterdapat pada ikan, jagung, dan kacang-kacangan. Olahraga yang teratur juga dapat memperkuat struktur tulang. Akanlebih baik jika kamu bisa terkena sinar matahari di pagi hari, karena sinarmatahari membantu proses pengubahan provitamin D menjadi vitamin D.
Jadi, untuk membentuk rangka yang baik kita perlu
makan makananyang bergizi,
memperlakukan tubuh dengan sikap yang benar
memperolehcukup sinar matahari pagi
tidak mengangkat beban berat yang melebihikemampuan tubuh
dan olahraga teratur.

2 komentar: